Seti II (Userkheperuresetepenre) 1200-1194 SM
Seti II mungkin raja kelima atau keenam dari Mesir Dinasti ke-19, tergantung pada perlakuan yang kita berikan Amenmessses yang mungkin telah memerintah sebelum, bersamaan atau bahkan setelah dia (meskipun yang kurang mungkin). Seti (mer-en-Ptah) adalah nama kelahiran ini raja, yang berarti "Dia dari Seti dewa, Kesayangan Ptah". Ia juga kadang-kadang disebut dengan nama Yunaninya, Sethos II. Nama takhta-Nya adalah User-kheperu-ulang Setep-en-ulang, yang berarti "kuat adalah manifestasi dari Re, Terpilih Ulang".
Itu tidak biasa di Mesir kuno untuk pemerintahan, sukses panjang raja yang harus diikuti oleh masalah suksesi. Tentu saja, beberapa raja memiliki pemerintahan, lebih lama lebih sukses dari Ramses II, dan ketika dia meninggal, ia meninggalkan seorang putra yang sekarang berusia dirinya sebagai Raja yang baru. Ini adalah Merneptah, yang hampir pasti ayah dari Seti II. Hal ini diyakini bahwa perampas bernama Amenemesses mungkin memerintah baik sebelum dia, atau bersamaan dengan Seti II selama bagian awal pemerintahannya. Mungkin Amenemesses telah yang terhapus nama Seti II di makam dan tempat lain, tapi itu juga Seti II yang mungkin melakukan hal yang sama ke nama dan gambar Amenemesses setelah mengambil kontrol penuh terhadap Mesir. Hal ini diyakini bahwa Seti mungkin hanya memerintah selama sekitar enam tahun, dari sekitar 1199 sampai 1193 SM.
Seti II mengambil setidaknya tiga istri, yang terdiri dari Takhat II, Tausret dan TIAA. Tausret ternyata adalah ibu dari putra tertua dan ahli waris bernama Seti-Merenptah, tapi anak itu tidak hidup untuk mewarisi takhta.Sebaliknya, itu Siptah, seorang anak muda yang menggantikan raja, walaupun mungkin hanya sebagai seorang anak di bawah kabupaten Tausret bahkan meskipun ibunya dianggap telah Ratu TIAA. Bahkan, Tausret tampaknya telah hidup lebih lama ini raja muda, mengambil kepemilikan penuh dari tahta kerajaan sendiri dengan judul penuh sebanyak Hatshepsut telah dilakukan sekitar 300 tahun sebelumnya.
pemerintahan Seti II tampaknya relatif damai. Kami tidak punya bukti dari kebijakan luar negeri pada masa pemerintahannya, meskipun mungkin ada kegiatan di tambang sekitar el Serabit-Khadim di Sinai. Dia membuat beberapa klaim tentang proyek bangunan, meskipun ada indikasi bahwa kata-katanya diterjemahkan ke dalam prestasi fisik. Kami menemukan hidup trans karyanya di Hermopolis, di mana ia tampaknya selesai beberapa hiasan di kakeknya, Ramses II, candi. Dia juga melakukan beberapa pekerjaan di Karnak, di mana ia mungkin bertanggung jawab untuk sebuah stasiun cara baru dari kulit suci di Pengadilan Pertama kuil Amun-Re, dan ia mungkin juga menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam kuil Mut.
KV15, Makam Seti II
KV15, makam Seti II, telah dikenal sejak jaman dahulu dan harus telah berbohong terbuka selama sebagian besar dari periode klasik, menilai dari 59 grafiti Yunani dan Latin ditemukan di dinding.
Makam itu diselidiki secara dangkal oleh Pococke, bersama dengan orang lain yang mengikutinya.
Namun, itu Howard Carter yang dibersihkan sebagian besar makam antara 1903 dan 1904, meskipun tampaknya ritual serta tidak pernah digali. Satu mungkin menemukan pintu masuk ke KV15, daripada harus memotong langkah-langkah di bawah tembok penahan, langsung digali ke dasar dari tebing yang hampir vertikal di kepala wadi berjalan selatan barat dari Lembah Para Raja utama di Tepi Barat di Luxor (Thebes kuno).
Namun, saat ini makam tersebut untuk sementara ditutup untuk mengizinkan instalasi dari lantai baru, rel tangan dan pencahayaan. Hal ini diharapkan segera.
Sejarah makam benar-benar diketahui saat ini. Hal ini sangat mungkin bahwa Seti II mungkin pada awalnya telah dikuburkan bersama istrinya, Tausret, di makam dan kemudian pindah ke makam yang tampaknya telah tergesa-gesa dan tidak lengkap selesai, oleh Sethnakht (Setakht). Bahkan, makam mungkin awalnya telah dimulai untuk Seti II tetapi bekerja terputus di beberapa titik. Ini mungkin ada hubungannya dengan pemerintahan Amenmeses, jika raja yang memerintah bersamaan dengan Seti II bukan sebelum dia. Tampak bahwa di dalam kubur, nama Seti itu diukir, dihapus, dan kemudian mengukir sekali lagi. penghapusan mungkin disebabkan Amenmeses, atau mungkin untuk Saptah. Ia telah mengemukakan bahwa istrinya Tausert kemudian harus suaminya namerestored.
Makam, yang mengambil Northwest untuk sumbu Tenggara, terdiri dari koridor pintu masuk singkat diikuti oleh tiga koridor panjang pada gilirannya diikuti dengan ruangan yang cukup. Ruang baik kemudian berkomunikasi dengan sebuah balai bertiang empat dan kemudian sebuah ruang pemakaman darurat, terbentuk dari apa yang akan menjadi koridor lain, di mana sarkofagus raja berada.
Makam ini secara harfiah adalah tembakan langsung mengarah 75,38 meter ke tebing hanya dengan keturunan ringan untuk bagian paling terkemuka sekitar 6,53 meter, dan tanpa kamar lateral. Namun, ceruk persegi panjang di sisi kanan aula berpilar dapat menandai lokasi dimana lampiran biasa akan dipotong. Hilang juga adalah trapesium relung tinggi sering ditemukan pada awal koridor ketiga.
Sebagian besar hiasan dicat masih utuh dan plester tampaknya menjadi relatif stabil. Tak satu pun dari relief terpelihara dengan baik pernah dicat. Breaks di permukaan dinding baru saja diisi oleh Inspektorat restorasi Antiquities. Karena penyelesaian bergegas makam, dekorasi dalam jelas mengambil dua bentuk. Sementara mereka yang di bagian awal dari makam dengan baik dibentuk dengan menggunakan baik dan mengangkat relief tenggelam, mereka memberi jalan untuk bekerja dicapai kurang dilaksanakan di cat hanya lebih dalam kubur itu, dengan aula berpilar empat menjadi satu-satunya pengecualian. Di sana, dekorasi lagi kembali ke relief tenggelam, meskipun cat tidak selalu diterapkan. Di beberapa koridor terdalam, sketsa awal hanya dilakukan pada permukaan plester. Sepanjang makam, bahkan termasuk koridor pertama di mana kita menemukan dan tenggelam relief dibangkitkan, ada perbedaan gaya dalam keahlian pekerjaan yang mungkin menyarankan penggunaan pengrajin yang berbeda.
Sementara makam mungkin telah selesai, luar biasa, dinding pintu masuk dengan hati-hati dihaluskan dan ditutup dengan lapisan plester putih, seperti di tempat lain di dalam kubur itu. Namun, tidak ada tema dekoratif diaplikasikan pada pintu masuk dan dinding koridor pintu masuk.
Namun, di koridor, selanjutnya lagi (Koridor Satu) pada ambang pintu pintu digambarkan dengan berlutut dewi Isis dan Nephthys, dan di antara mereka disk matahari dengan scarab dan seekor domba jantan menuju tuhan.Ditulis di jambs dari pintu adalah nama dari Seti II dengan gambar Ma'at, juga diperlihatkan berlutut. Dalam koridor ini, adalah penggambaran Seti II membuat persembahan kepada Re-Horakhty dan vas menawarkan untuk Nefertem diikuti oleh bagian-bagian awal Litani Re pada dinding timur. Adegan Seti II dan Nefertem dipotong atas pembukaan Gambaran asli dari Litani Ray yang kemudian reinscribed lebih bawah koridor. Di dinding barat adegan Sokar dan Seti II mempersembahkan kurban ukupan dan libations untuk Re-Horakhty.
Sisa dari koridor berlanjut dengan tes dari Litani Re. Pada langit-langit koridor ini kita menemukan dicat terbang burung bangkai, beberapa dengan kepala kobra dan tidak sepenuhnya dicat. Antara nama burung nasar raja adalah tertulis, dan sepanjang tepi langit-langit adalah teks-teks yang berkaitan dengan Osiris dan Re-Horakhty. Adegan pada dua koridor berikutnya adalah berorientasi ke arah belakang makam di dinding timur, sedangkan di sebelah barat mereka berlari menuju pintu masuk makam.
Selama ambang pintu luar koridor kedua adalah ditemukan disk bersayap, sementara di doorjambs Litani Re dilanjutkan. Di dinding dalam koridor ini, tema dekoratif dilaksanakan di merah, sketsa awal saja. Di dinding timur kita menemukan Seti II membuat persembahan kepada Re-Horakhty, sementara di dinding barat dia membuat korban kepada Sokar.
Sisa dari koridor ini terus berlanjut dengan bagian-bagian dari Litani Re, termasuk 75 bentuk dewa matahari. Selanjutnya, kami juga menemukan dan ketiga jam kedua Amduat pada kedua dinding timur dan barat. Dalam koridor ini, langit-langit sekali lagi menggambarkan Isis dan Nephthys, kali ini sebagai layang-layang, di kedua sisi disk yang berisi matahari ram menuju burung mewakili ba (jiwa) dari Re. Adegan ini diikuti oleh lebih banyak teks dari Litani Re. Bintang adalah untuk telah mengisi sisa langit-langit, tetapi tidak pernah benar-benar diberikan.
The ambang pintu luar koridor ketiga yang dihiasi dengan disk bersayap, sementara di kemacetan pintu kita menemukan nama dan gambaran Seti II. Dalam koridor ini, dinding timur ditulis dengan representasi dari jam keempat dari Amduat, sedangkan dinding barat menggambarkan jam kelima.
Dalam ruangan yang cukup (poros ritual) yang niche di pintu masuk adalah, untuk pertama kalinya, sepenuhnya dipotong. Di sini, inovasi adalah penggambaran patung berbagai ilahi, banyak imitasi tokoh kayu yang sebenarnya mirip dengan yang ditemukan dalam makam Tutankhamun.
Double adegan Seti II membuat
Biasanya kita akan menemukan penggambaran dewa pelindung seperti Sons Empat dari Horus dan dewi yang terkait, tapi untuk alasan yang tidak dapat dijelaskan angka-angka ini telah diabaikan.
Dinding dalam ruang empat terpilar diberikan dengan divisi keempat dan kelima dari Kitab Gates. Di dinding belakang adegan ganda Seti II menawarkan gambar Ma'at dan dua vas untuk Osiris. Di sini, pilar menggambarkan Seti II, Horus-Iwn-mutef, Ptah, yang berada di kuil, bersama dengan dewa lainnya. Dekorasi yang inovatif pada pilar-pilar, yang hanya memiliki satu angka di setiap sisi dan dua sisi berdekatan membentuk sebuah adegan ", adalah sebuah pengembangan yang digunakan secara konsisten dari waktu ke depan.
Adegan dari dalam Ruang Yah
Dinding dalam ruang empat terpilar diberikan dengan divisi keempat dan kelima dari Kitab Gates. Di dinding belakang adegan ganda Seti II menawarkan gambar Ma'at dan dua vas untuk Osiris. Di sini, pilar menggambarkan Seti II, Horus-Iwn-mutef, Ptah, yang berada di kuil, bersama dengan dewa lainnya. Dekorasi yang inovatif pada pilar-pilar, yang hanya memiliki satu angka di setiap sisi dan dua sisi berdekatan membentuk sebuah adegan ", adalah sebuah pengembangan yang digunakan secara konsisten dari waktu ke depan.
Akhirnya, di ruang pemakaman darurat adalah beberapa register. Yang atas ini berisi gambar Anubis yang seekor serigala pada tempat suci dan dua baris mewakili dewa pengikut Re dan Osiris. Di bawah adalah adegan register angka mumi di tempat tidur gaya ular mewakili divisi kelima dari Kitab Gates. Sepanjang langit-langit adalah Nut, dengan menyapu sayap ke bawah, dan di atas kepalanya mungkin sisa-sisa penggambaran ba dari Re.
Sepertinya mereka membeli dalam tubuh sebelum kubur itu selesai dan kemudian pergi bekerja - sosok besar Dewa dengan sayap terhampar dilukis di langit-langit di atas sarkofagus - sangat kasar. Beberapa indah ditarik tokoh raja dalam garis merah.
Tidak banyak di jalan peralatan penguburan ditemukan dalam makam ini, dan tubuh Seti II telah dihapus selama jaman dahulu ke makam Amenhotep II (KV35), bersama dengan mumi kerajaan lainnya, untuk disimpan.Fragmen sarkofagus merah tutup granit yang hadir dalam makam ini, tetapi tidak trans dari kotak yang sebenarnya pernah ditemukan. Fragmen ini tetap di dalam kubur, dan telah dipulihkan dan ditempatkan pada alat bantu sehingga dapat menunjukkan penampilan asli dari sarkofagus.
Di bagian atas sarkofagus ini merupakan penggambaran Osirian dari Seti II, sedangkan dewi Nut membentang di sisi sebaliknya. Sayangnya, bagian atas tutupnya hilang, bersama dengan wajah raja. Namun, kepala dewi Nut sekarang dalam koleksi Mesir di Louvre di Paris. Karena ini adalah yang terkecil dari setiap Kerajaan Baru sarkofagus yang pernah ditemukan, telah disarankan oleh Aidan Dodson bahwa mungkin sebenarnya telah dimaksudkan untuk sarang dalam sarkofagus yang lebih besar, mirip dengan yang Ramses III.
0 komentar:
Posting Komentar