Istilah Online Web store atau Toko Online tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir di setiap forum, kita selalu menjumpai istilah yang juga populer dengan sebutan ecommerce, web store, ataupun virtual store. Toko online adalah sebuah tempat terjadinya berbagai aktivitas perdagangan atau jual beli barang dan jasa yang terhubung dalam suatu jaringan dalam hal ini adalah jaringan internet.
Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko offline, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut ke pada kasir untuk dihitung total dari belanja kita. Sedangkan bila kita bertransaksi di toko online, proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Hanya saja bila di toko online seluruh transaksi kita dihubungkan melalui mesin dan sambungan internet
keuntungannya:
-modal relatif kecil
-pasar yang tdk terbatas
-biaya operasional rendah
-transaksi 24 jam
-memiliki kemudahan dalam pembayaran
-sistem promosi yang mudah dan muras
-dst
tetapi dari keuntungan tersebut memiiliki hambatan:
-dalam peroses pengiriman barang yang melalui agen yang krg tepat
-yah klu ada kesalahan pemasaanan brg tdk dpt di tukar..
Ada tiga hal yang menjadi kunci dari e-commerce ini. Yaitu pertama layout dari web “toko online”, kedua adalah gambar penjelas di web tersebut, dan yang terakhir adalah security atau pengamanan dari web tersebut. Layout haruslah yang menarik dan mudah dimengerti, jangan sampai konsumen batal bertransaksi hanya karena kebingungan mendapatkan informasi dari web yang kita buat. Gambar penjelas dari barang atau jasa yang kita jual juga harus jelas dan bisa menerangkan semua informasi yang dibutuhkan konsumen, namun tantangannya adalah gambar itu jangan terlalu besar ukurannya agar cepat dalam proses loadingnya. Security adalah hal yang terpenting untuk mencegah serangan-serangan dari luar yang dapat mengacaukan bisnis online kita. Hal lainnya yang dibutuhkan adalah kepercayaan, karena perbedaan geografis tadi dimana penjual dan pembeli tak bertatap muka.
Pemilik web atau pemilik bisnis lah yang menentukan sendiri batasan e-commerce ini. Apakah di dalam web itu menyediakan jual beli online dimana konsumen bisa memilih sendiri barang yang diinginkan lalu membayar via transfer bank. Atau juga konsumen dapat memilih dan memesan barang yang diinginkan namun untuk transaksi dan serah terima barang dilakukan di toko milik penjual. Atau dapat juga web tersebut hanya menyediakan informasi barang atau jasa yang ditawarkan namun untuk transaksinya dilakukan secara offline langsung di toko atau dengan telpon atau e-mail.
TAMBAHAN
Toko Online (Online store) adalah sebuah tempat terjadinya berbagai aktivitas perdagangan atau jual beli barang dan jasa yang terhubung dalam suatu jaringan dalam hal ini adalah jaringan internet.
Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko offline, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut ke pada kasir untuk dihitung total dari belanja kita. Sedangkan bila kita bertransaksi di online store , proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Hanya saja bila di online store seluruh transaksi kita dihubungkan melalui mesin dan sambungan internet.
Kehadirannya sudah mulai diterima oleh masyarakat umum. Hal itu tentu tidak lepas dari manfaat yang dimiliki oleh online store itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah online store :
1. Sebagai Company Profile
Banyak bisnis yang berkembang di masyarakat, dan tidak sedikit pula yang memiliki konsumen dari luar kota, pulau maupun negara. Dengan Anda memiliki sebuah online store untuk bisnis Anda, Anda mampu menjadikannya sebagai company profile untuk mengenalkan produk-produk Anda ke seluruh penjuru dunia tanpa perlu repot mengirimkan katalogue setiap waktu ketika konsumen Anda memintanya.
2. Sumber Penghasilan Utama/Sampingan
Sebagian besar online store , menjadikan usahanya sebagi sumber utama penghasilan. Tetapi tidak sedikit pula yang menjadikan online store sebagai sumber penghasilan sampingan. Mereka yang menggunakan online store sebagai sumber penghasilan sampingan biasanya? adalah mereka yang memiliki hobi berselancar di dunia maya dan tertarik untuk mencoba usaha online store karena prosedurnya yang cenderung lebih mudah didirikan dibanding mendirikan sebuah toko offline.
3. Hemat Waktu dan Biaya
Mengapa online store dapat menghemat waktu dan biaya? Bayangkan bila Anda memiliki seorang customer yang berada jauh di luar pulau, tentunya sang customer yang menjadi langganan Anda merasa kesulitan untuk berbelanja di toko Anda jika Anda hanya terpaku pada penjualan toko offline. Bukankah ini akan membuang banyak waktu, tenaga dan biaya perjalanan? Tetapi tidak demikian halnya jika Anda juga memiliki sebuah online store selain toko offline Anda. Customer Anda tinggal memilih produk yang dipesan melalui website online storeAnda yang disajikan dalam bentuk gambar, kemudian mengisi form pemesanan barang, membayar dengan menggunakan sistem transaksi, dan barang akan di antar oleh jasa pengiriman barang tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Yang paling banyak mengemat adalah kita tidak perlu membangun toko secara fisik. Bayangkan saja, harga ruko bisa 1 milyar !!! Bahkan bisa 10 kali lipatnya jika di tempat strategis. Tetapi dengan online store , kita cukup memiliki modal 1 – 3 juta saja untuk minta orang buatkan online store , bahkan bisa gratis jika kita bisa membuat sendiri.
4. Promosi Tanpa Batas Waktu
Internet merupakan tempat yang tidak pernah mengenal batas ruang dan waktu. Di sebuah belahan dunia tempat Anda berada, ketika Anda sedang tertidur lelap di malam hari, dibelahan dunia lain justru sedang mengalami waktu yang terang benderang dimana aktifitas pekerjaan juga jual beli sedang terjadi di dalamnya.
5. Hemat Biaya Promosi
Jika Anda memilih untuk melakukan promosi melalui internet, langkah tersebut sudah benar. Sebab, dengan Anda melakukan promosi melalui internet, Anda akan menghemat biaya promosi lebih besar. Bayangkan jika Anda harus melakukan promosi offline? Berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk mencetak brosur, banner, spanduk, dll sebagai media promosi offline Anda?
6. Tidak Perlu Menjaga Toko Setiap Saat
Tidak seperti sebuah toko offline, Anda harus setia menanti pelanggan yang datang untuk berbelanja. Di online store , Anda tidak perlu secara terus menerus menanti datangnya calon pembeli, sebab transaksi pemesanan dapat dilakukan melalui email ataupun sistem yang telah ada dalam online store tersebut.
Dari sekian manfaat yang ada dari sebuah online store , tentu masih banyak sekali manfaat online store yang masih tersembunyi. Selain memudahkan pemilik dalam memasarkan produk juga memudahkan sang pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Aman dan nyaman untuk kedua belah pihak.
Sekian,Itu infromasi yang saya dapat........
0 komentar:
Posting Komentar